fbpx
Select Page

ada beragam manfaat berolahraga yang dapat dirasakan, dalam tubuh baik dalam jangka panjang maupun dengan jangka pendek. sangat banyak manfaat yang dapat diberikan dari olahraga. Selain meningkatkan imun olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Studi kasus menyatatakan bahwa, orang yang rutin berolahraga memiliki banyak manfaat. Selain itu , banyak juga manfaat olahraga yang bisa didapatkan, di kemudian hari dalam jangka panjang. olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek baik . olahraga, misalkan berlari dan bermain basket, menari, berenang ataupun yoga membuat otot- otot dan berbagai sendi di dalam tubuh bergerak.

Beragam manfaat olahraga untuk kesehtan tubuh

Olahraga merupakan sebuah obat natural yang bisa anda dapatkan dengan mudah tanpa mendapatkan biaya yang mahal, hal itu sering dilupakan sehingga menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan. meski begitu kita tetap harus menjalankan olahraga minimal 2 kali seminggu, selain untuk memperlancar peredaran darah olahraga juga dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Berapapun usia anda , bukti ilmiah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membuat anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar.

1.Menurunkan tekanan darah tinggi

Dengan berkurgannya lemak tubuh , olahraga juga dapat menurunkan tensi dan tekanan drah pada penderita hipertensi. darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan berbagai komplikasi lainnya hal tersebut akan diminimalisir dengan olahraga teratur.

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Olahraga rutin setiap hari dapat mencegah penyakit jantung. terutama penyakit jantung koroner dan stroke, oleh karena itu olahraga akan memperkuat otot jantung , menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kolestrol baik yang diperlukan oleh tubuh dan menurunkan kolestrol jahat , serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

3. Mengendalikan Diabetes

olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan darah. sehingga gula yang diproses oleh tubuh dapat diserap dengan maksimal.Di Negara Indonesia 16% orang yang ditas usia 50 tahun memiliki resiko diabetes dan diantaranya memiliki penyakit gula darah yang sangat serius. beberapa dari mereka tidak berolahraga dengan teratur sehingga hormon insulin tidak bekerja dengan maksimal.

4. meredakan nyeri pada tubuh

peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat meredakan berbagai macam nyeri dan pegal pegal pada tubuh. karena pada saat tubuh kita bereaksi sendi sendi dan saraf pada tubuh akan membuat badan semakin nyaman dan terhindar dari haus sendi.

5. Menangkal Obesitas

aktivitas fisik teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun masa otot dan menghasilkan metabolisme tubuh. jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai. olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit. olahraga juga sudah terbukti sebagai salah satu cara untuk mengecilkan lingkar pinggang yang efektif.

6. Membuat tubuh menjadi awet muda

olahraga, seperti jogging ataupun melakukan geakan aerobik ataupun olahraga lainnya, tebukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang yang lanjut usia.

7. menurunkan resiko Osteoporosis

selain itu olahraga mengangkat beban secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, sehingga mencegah berbagai gangguan dikarenakan tulang akan sulit berkembang seiring pertambahan usia, yang dinamakan osteoporosis

Baca juga : Cara meningkatkan imun tubuh pada saat corona