fbpx
Select Page

Cara Mengatasi Ejakulasi DiniĀ 

Cara mengatasi Ejakulasi dini merupakan kondisi ketika pria dewasa tidak dapat mengendalikan ejakulasinya sehingga ejakulasi terjadi lebih cepat dari yang dikehendaki. Jika terjadi, risiko yang dapat terjadi dari hubungan seksual adalah berlangsung secara singkat dan tidak sesuai dengan kehendak dari dua belah pihak.

Hal ini dapat menurunkan tingkat kepuasan dari hubungan seksual tersebut. Lebih jauh lagi, tingkat antusiasme pasangan dalam berhubungan seksual ada kemungkinan untuk menurun bahkan hilang.
caara mengatasi ejakulasi dini

Dampaknya bagi pria yang mengalami ejakulasi dini, jika terjadi secara terus menerus, juga dapat menimbulkan rasa malu terhadap pasangannya.

Ejakulasi dini erat kaitannya dengan orgasme, namun merupakan dua hal yang berbeda. Umumnya, orgasme disertai dengan ejakulasi namun pada beberapa kasus, orgasme terjadi tanpa ejakulasi yang berarti mengalami kepuasan seksual tapi tidak mengeluarkan cairan sperma

Selain orgasme tanpa ejakulasi, ada juga kemungkinan terjadinya ejakulasi tanpa orgasme. Hal ini berarti cairan sperma keluar tanpa merasakan kepuasan seksual.

Ejakulasi dini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Ejakulasi dini primer, atau ejakulasi dini yang dirasakan oleh seorang pria dewasa sejak pertama kali melakukan hubungan seksual atau setiap kali ia berhubungan seksual.
  • Jenis ejakulasi dini sekunder, atau ejakulasi dini yang dirasakan oleh seorang pria dewasa yang sebelumnya tidak memiliki masalah ejakulasi.

Indikator ejakulasi dini, menurut International Society of Sexual Medicine pada tahun 2014 adalah sebagai berikut:

  • Ejakulasi hampir selalu atau selalu terjadi kurang dari satu menit setelah penetrasi pada vagina. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah ejakulasi dini primer.
  • Ejakulasi terjadi kurang dari tiga menit setelah penetrasi pada vagina. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah ejakulasi dini sekunder.
  • Kesulitan atau bahkan tidak mampu menahan ejakulasi pada hampir semua atau semua penetrasi pada vagina.
  • Mengakibatkan konsekuensi pada psikologis ke arah negatif, seperti cemas, stres, frustasi, dan cenderung menghindari hubungan seksual.

    Demikian artikel yang berjudul Cara mengatasi ejakulasi dini. Semoga bermaanfaat dan dapat memberikan informasi yang baik.